Selasa, 22 November 2016

Konsumsi Aneka Ragam Makanan

Konsumsi Aneka Ragam Makanan – Sebagaimana janji kita kepada Sahabat Informasi Kesehatan, kali ini kita akan membahas Pesan Pertama dari Konsep Dasar Gizi Seimbang. Mudah-mudahan kita dapat menarik manfaat dari uraian artikel kita ini.
Pada prinsipnya tidak ada satu jenis makanan pun yang mengandung semua zat gizi yang diperlukan untuk menciptakan tubuh yang sehat, bertumbuh kembang dengan baik dan produktif. Kecuali bayi, kita harus meng-Konsumsi Aneka Ragam Makanan agar kecukupan gizi kita terjaga
Keanekaragaman makanan yang kita konsumsi sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini disebabkan jaminan terhadap kebutuhan zat gizi dapat terpenuhi dari sini. Pada menu makan seimbang dengan keanekaragaman yang ada ketersediaan zat gizi akan saling melengkapi. Keberadaan makanan yang beraneka ragam tersebut juga akan menjamin terpenuhinya kecukupan sumber zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur bagi kebutuhan sehat seseorang. Kekurangan atau kelangkaan zat gizi tertentu dapat berakibat pada terganggunya fungsi organ tubuh yang berujung pada gangguan kesehatan.
Makanan sumber tenaga dapat diperoleh dari beras, jagung, gandum, ubi kayu, ubi jalar, kentang, sagu, roti dan mie. Makanan yang mengandung lemak juga menjadi sumber tenaga seperti minyak, margarin dan santan. Makanan sumber tenaga digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.
Makanan sumber zat pembangun/proteinberasal dari makanan nabati, berupa kacang-kacangan, tempe dan tahu. Protein hewani atau protein yang berasal dari hewan seperti ikan, telur, ayam, daging, susu serta hasil olahannya seperti keju. Zat ini berperan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan seseorang.
Makanan sumber pengatur meliputi semua sayuran dan buah-buahan. Kandungan gizi yang terdapat pada makanan ini adalah vitamin dan mineral. Makanan ini berperan untuk melancarkan kerja dan fungsi organ-organ tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar